Resep Kolak Labu Kuning dan Pisang untuk Buka Puasa

Resepmemasakmu (Resep Masakan Nusantara) – Kolak merupakan salah satu takjil untuk buka puasa yang hampir selalu ada di setiap daerah di Indonesia. Dan setiap daerah di Indonesia juga punya resep kolak andalan masing-masing. Dari mulai kolak pisang, kolak labu, kolak nangka, kolak biji salak, kolak singkong dan kolak-kolak lainnya. Atau bahkan kolak yang bahan-bahannya merupakan campuran dari semuanya. Pastinya seru banget.

Nah, untuk resep buka puasa kali ini, saya akan berikan resep kolak labu kuning dengan campuran buah pisang yang legit. Secara, berbuka dengan yang manis-manis sangatlah dianjurkan. Padahal, kalau mau yang manis, ngga perlu pake kolak, cukup pandangi wajahku aja, hehe. (abaikan).

Perpaduan labu kuning dan pisang raja dalam sebuah kolak adalah sangat pas. Yang satu bertekstur legit dan yang satu lagi empuk. Cara pembuatannya juga tidak terlau sulit, karena bahan-bahan yang diperlukan juga sedikit.

Resep Kolak Labu Kuning dan Pisang untuk Buka Puasa
Resepmemasakmu - Resep Kolak Labu Kuning dan Pisang untuk Buka Puasa

  • Bahan

200 gram labu kuning (kupas kulitnya dan potong dadu sesuai selera)
6 buah pisang raja (kupas kulitnya, potong sesuai selera)
250 ml santan kelapa
5 - 7 sdm gula pasir
Garam (sedikit saja, kira-kira satu jumput)
Gula jawa (sisir halus, secukupnya)
3 gelas air
1 batang daun pandan
1 siung bawang merah (iris tipis)


  • Cara Membuat

Panaskan air lalu larutkan gula pasir dan gula merah. Masukkan labu kuning lalu masak hingga setengah matang. Jika labu sudah matang, masukkan buah pisang dan masak hingga dua bahan matang. Tambahkan daun pandan dan bawang merah yang sudah diiris tipis agar rasanya makin sedap dan menggugah selera.

Terakhir, masukkan santan kelapa lalu masak sampai mendidih dan matang. Agar santan tidak pecah, jangan lupa untuk mengaduk kolak.

Kolak telah matang dan siap untuk disajikan.
Mengenai cara penyajiannya, kolak labu kuning dan pisang raja ini bisa disajikan dalam keadaan hangat atau bisa juga dalam keadaan dingin, diberi es batu. Saya pribadi lebih suka menyhantapnya dalam keadaan hangat karena untuk berbuka puasa. Coba juga resep puding kurma untuk hidangan berbuka puasa.